Tip Jitu Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri


Tip Jitu Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri

Jika anda ingin memulai bisnis tapi tidak tahu harus mulai dari mana, jangan khawatir - anda tidak sendiri. Sebenarnya, mengingat realitas ekonomi baru zaman kita, lebih banyak orang daripada sebelumnya yang menemukan "pekerjaan" yang mereka pikir menunggu untuk mereka tidak ada. Orang lain sampai pada kesimpulan bahwa mereka lebih suka menciptakan pekerjaan yang mereka sukai, dibangun agar sesuai dengan tujuan hidup mereka sendiri. Tidak peduli apa motivasi menjadi atasan Anda sendiri, Anda bisa mulai hari ini.

Tip Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri

 Berikut ini adalah beberapa tip yang bisa anda terapkan untuk menjadi bos untuk diri anda sendiri :

Ambil Stand untuk Diri Sendiri


Jika Anda tidak puas dengan keadaan anda saat ini, akui bahwa tidak ada yang bisa memperbaikinya kecuali Anda. Tidak ada gunanya menyalahkan ekonomi, atasan, pasangan, atau keluarga Anda. Perubahan hanya bisa terjadi bila Anda membuat keputusan sadar untuk mewujudkannya.

Identifikasi Bisnis yang Tepat untuk Anda.

Izinkan diri Anda untuk mengeksplorasi. Bersedia melihat berbagai aspek diri Anda (kepribadian, gaya sosial, usia) dan mendengarkan intuisi Anda. Kita cenderung mengabaikan intuisi meski jauh di lubuk hati kita sering tahu yang sebenarnya. Tanyakan pada diri sendiri "Apa yang memberi saya energi bahkan saat saya lelah?"

Bagaimana anda tahu bisnis apa yang "benar" untuk Anda? Ada tiga pendekatan umum untuk kewiraswastaan:

Lakukan Apa yang Anda Ketahui: Sudahkah Anda diberhentikan atau menginginkan perubahan? Lihatlah pekerjaan yang telah Anda lakukan untuk orang lain di masa lalu dan pikirkan bagaimana Anda bisa mengemas keterampilan itu dan menawarkannya sebagai layanan atau produk Anda sendiri.

Lakukan Apa yang Orang Lain Lakukan: Pelajari bisnis lain yang menarik minat Anda. Begitu Anda telah mengidentifikasi bisnis yang Anda sukai, tirulah.

Perencanaan Bisnis Meningkatkan Kemungkinan Anda untuk Sukses.

Kebanyakan orang tidak berencana, tapi akan membantu Anda masuk ke pasar lebih cepat. Rencana bisnis akan membantu Anda mendapatkan kejelasan, fokus dan percaya diri. Sebuah rencana tidak perlu lebih dari satu halaman. Saat Anda menuliskan sasaran, strategi dan langkah tindakan Anda, bisnis Anda menjadi nyata.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut :

 - Apa yang saya bangun?
- Siapa yang akan saya layani?
- Apa janji yang saya buat kepada pelanggan / klien saya dan untuk diri saya sendiri?
- Apa tujuan, strategi dan rencana tindakan (langkah) untuk mencapai tujuan saya?

Kenali Pemirsa Sasaran Anda Sebelum Menghabiskan Uang

Sebelum Anda menghabiskan uang, cari tahu apakah orang benar-benar akan membeli produk atau layanan Anda. Ini mungkin hal yang paling penting yang Anda lakukan. Anda bisa melakukan ini dengan memvalidasi pasar Anda. Dengan kata lain, siapa, tepatnya, yang akan membeli produk atau jasa Anda selain keluarga atau teman Anda? Berapa ukuran target pasar Anda? Siapa pelanggan anda? Apakah produk atau layanan Anda relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka? Mengapa mereka membutuhkannya?

Ada penelitian industri yang tersedia yang dapat Anda temukan secara gratis. Baca artikel industri dengan data (Google asosiasi industri yang relevan) dan baca data Sensus untuk mempelajari lebih lanjut. Namun, cara yang paling penting untuk mendapatkan informasi ini adalah dengan menanyakan target pasar / pelanggan Anda secara langsung dan kemudian mendengarkan.

Pahami Keuangan Pribadi Anda

Sebagai pengusaha, kehidupan pribadi dan bisnis Anda saling terkait. Anda mungkin menjadi yang pertama - dan mungkin hanya - investor. Oleh karena itu, memiliki pemahaman yang terperinci tentang keuangan pribadi Anda, dan kemampuan untuk melacaknya, merupakan langkah awal yang penting sebelum mencari dana dari luar untuk bisnis Anda.

Bangun Jaringan Dukungan

Anda telah membuat komitmen internal untuk bisnis Anda. Sekarang Anda perlu menumbuhkan jaringan pendukung, penasihat, mitra, sekutu dan vendor. Jika Anda percaya pada bisnis Anda, orang lain juga akan melakukannya.

0 komentar