Sudah 14 Tahun Sejak Planet Sedna yang berada di tepi Tata Surya Ditemukan

planet sedna

Dengan orbit (aphelion) dari 960 unit astronomi (32 kali jarak Neptunus, planet Tata Surya yang Terjauh dari Matahari), Sedna adalah dunia es yang baru ditemukan 14 tahun yang lalu dan berada dalam batas-batas Sistem Solar (meski masih lebih dekat dari awan OOrt, di topi miliaran badan salju yang mengelilingi Tata Surya).

Aliran Sedna yang sangat panjang dan memanjang membutuhkan sekitar 11.400 tahun untuk menyelesaikannya bukanlah halangan untuk ditemukan pada 14 November, seperti sekarang, 14 tahun yang lalu dari Observatorio de Monte Palomar de Sedna.

Nama Sedna berasal dari dewi Eskimo mitologi laut dan hewan laut. Permukaannya adalah salah satu yang paling redup di Tata Surya, dan komposisinya, untuk sebagian besar, adalah campuran es dan tolina dengan metana dan nitrogen beku.

Massa dan ukurannya tidak diketahui dan Uni Astronomi Internasional belum secara formal mengenalinya sebagai planet kerdil. Namun, astronom Michael E. Brown (penemu bersama Sedna dan planet kerdil Eris, Haumea and Makemake) percaya bahwa ini adalah objek trans-Neptunian yang paling penting yang ditemukan sampai saat ini.

Baca Juga : Planet Layak Huni Terdekat Dengan Tata Surya Akhirnya Ditemukan

Sedna berjarak 13 miliar kilometer dari Bumi. Dunia baru ini diumumkan pada tanggal 15 Maret 2004 berkat pengamatan astronomi Observatorium Gemini Institut Teknologi California (Caltech).

Sedna adalah, untuk saat ini, objek yang paling jauh dan dingin di tata surya. Sebenarnya, diyakini bahwa itu mungkin berasal dari The Oört Cloud, yang juga disebut Öpik-Oört Cloud. Jadi, Sedna bisa menjadi komet besar yang telah memutuskan untuk meninggalkan awan kepingan salju megalitik untuk sedikit lebih dekat dengan Matahari.

Dunia yang dingin dan kemerahan (seperti Mars) yang meninggalkan wilayah terdingin sistem untuk mencapai suhu yang lebih nyaman, namun tidak pernah melebihi -240 Cº. Titik antara antara matahari pria dan komet ortomer yang dingin.

Setelah penemuannya, selalu dikatakan bahwa siapa pun yang berada di permukaannya bisa menyembunyikan bintang kita dengan kepala pin dengan lengan terentang penuh.

0 komentar