7 Strategi Bisnis Rental Mobil Tanpa Perlu Modal Besar

7 Strategi Bisnis Rental Mobil Tanpa Perlu Modal Besar
7 Strategi Bisnis Rental Mobil Tanpa Perlu Modal Besar

7 Strategi Bisnis Rental Mobil Tanpa Perlu Modal Besar - Bisnis mobil rental merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan, dan sudah banyak sekali dijalankan. Permintaan pasar yang sangat tinggi, menjadikan keunggulan untuk bisnis mobil rental ini selalu diminati. Kita harus memiliki sebuah kendaraan umum yang layak untuk di pakai, guna menyiapkan startegi awal dari bisnis mobil rental tersebut. Peluang bisnis rental mobil ini akan semakin berkembang dengan memiliki sebuah strategi, untuk menjadikan bisnis ini sukses tanpa modal besar Anda bisa melakukan strategi bisnis mobil rental yang cermat dan juga hemat

Cara memulai bisnis mobil rental

Banyak cara untuk memulai bisnis, salah satunya Anda bisa mencoba untuk bisnis mobil rental tanpa perlu mengeluarkan modal yang sangat besar. Dimana bisnis mobil rental ini tentu sangat menguntungkan, seperti sewa mobil jogja, rental mobil di jogja dan sebagainya. Karena bisnis mobil rental ini banyak sekali yang membutuhkannya, yang menjadi salah satu daya tarik untuk pelanggan yang suka berwisata, dan tentu akan menghasilkan uang yang cukup banyak nantinya. Berikut dibawah ini rangkaian cara dan strategi bisnis mobil rental, yang ingin anda coba silahkan simak.

1. Strategi Target Pasar

Strategi yang pertama yang dapat di lakukan sebelum memulai bisnis rental mobil, ialah mengenali target pasar dan mencoba memahami apa yang konsumen inginkan. Penjelasannya ialah dapat mengetahui perkembangan usaha rental mobil di lokasi Anda, apakah masyarakat sekitar akan membutuhkan mobil atau tidak. Apabila Anda yakin bahwa akan banyak orang yang membutuhkan mobil rental, itu berarti usaha di tempat tersebut sangat bagus untuk perkembangannya. Akan tetapi bila tidak banyak orang di lingkungan sekitar yang memerlukan mobil, berarti bisnis ini sangat tidak menguntungkan nantinya jadi Anda harus tinggalkan dan mencoba bisnis lain. Strategi dalam target pasar untuk bisnis mobil rental ini, ialah dengan cara melakukan survey di tempat anda tinggal, dan berbincang-bincang sedikit dengan lingkungan sekitar.

2. Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat

Setelah melihat target pasar, strategi selanjutnya untuk bisa menjadikan usaha rental mobil sukses, ialah dengan cara memilih lokasi usaha yang tepat. Lokasi usaha yang tepat untuk bisnis rental mobil, merupakan lokasi yang strategis dengan akses jalan dan ramai dilewati oleh banyak orang contohnya rental mobil jogja yang bisa Anda lihat di yogyaku.com. Mempunyai lokasi yang tepat, akan menjadi sebuah peluang untuk memperkenalkan usaha dalam bisnis mobil rental, dan akan mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi nantinya. Peluang usaha bisnis ini terbuka oleh jangkauan marketing, yang bekerja secara langsung dan otomatis.

3. Strategi Promosi

Agar dapat menarik pelanggan dalam jumlah banyak, hingga menghasilkan omset bisnis ini meningkat, strategi promosi yang tepat menjadi salah satu jangkauannya. Setiap pelaku bisnis rental mobil selalu melakukan promosi, dengan media iklan, sosial media dan lain sebagainya. Dari strategi promosi inilah akan tercipta sebuah persaingan, yang cukup nyata, untuk dapat menang dalam persaingan bisnis seperti ini, maka dibutuhkan sebuah strategi marketing yang efektif. strategi promosi dapat anda lakukan dengan dua cara dibawah ini :

Strategi Marketing Offline
Marketing offline merupakan teknik pemasaran konvensional yang sangat baik, didalam strategi ini anda bisa bertemu calon konsumen secara langsung. Dalam strategi marketing offline yang dapat di jalankan untuk bisnis rental mobil, dengan cara pemberitahuan langsung, melakukan penyebaran brosur, penempelan banner maupun spanduk, mebuat kartu nama, mencetak stiker, brosur, iklan koran, iklan majalah dan lain sebagainya.

Strategi Marketing Online
Bagi seorang pelaku binis juga dapat menjalankan strategi marketing online, karena dunia online saat ini semakin berkembang pesat, menjadikan sebuah indikator untuk dapat memanfaatkan media online seperti ini. Strategi marketing online yang bisa di jalankan untuk bisnis rental mobil dengan cara yaitu promosi Facebook, Twitter, Path, Instagram. Dengan melakukan strategi promosi manfaat lewat layanan iklan online seperti facebook ads, twitter ads, ataupun google ads, dan bisa juga dengan memaksimalkan optimasi SEO pada website.

4. Melakukan Investasi Untuk Mendukung Bisnis Mobil Rental

Agar bisnis mobil rental sukses caranya ialah harus bersikap profesional,  dalam bisnis akan tercermin salah satunya dari cara berinvestasi dengan mempunyai sikap profesional. Dalam melakukan investasi yang tepat, dan secara profesional bisa dijalankan dengan berbagai macam cara seperti memilih mobil yang sesuai, membuat jalinan dengan mitra bisnis, serta memanfaatkan asuransi untuk perlindungan mobil usaha yang di kelola.

5. Membangun Relasi

Agar mendapatkan kepercayaan dari investor, kita harus membangun dan memperluas relasi. Semakin banyak jaringan dan juga relasi yang dimiliki, peluang bisnis mobil rental akan semakin besar, kesempatan mendapatkan mitra bisnis pun akan sangat terbuka luas dan dapat mengembangkan usaha mobil rental yang sedang di jalani. Agar dapat membangun dan memeperbanyak relasi caranya cukup mudah, dengan bergabung melalui komunitas dan asosiasi bisnis rental mobil yang berada di lokasi terdekat. Selalu berperan aktif, dan melakukan beberapa kegiatan sosial dan agenda yang diadakan oleh pengurus dan anggota komunitas.

Asosiasi seperti ini bisa kita kenal sebagai workshop, tempat diskusi dan juga penyampaian materi di media sosial. Dengan cara seperti ini akan mendapatkan banyak pengetahuan dan info yang penting, dan bermanfaat untuk kemajuan bisnis rental mobil yang sedang Anda kelola.

6. Menangani Penipuan, Dan Pencurian Mobil

Dalam menjalankan bisnis rental mobil ini, kita perlu ekstra hati-hati. Karena di lapangan memang sudah banyak terjadi kasus pelarian mobil rental, yang disewa oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tindakan kriminal seperti ini dilakukan dengan banyak siasat, contoh misalkan dengan menyerahkan dokumen palsu, kepada pemilik rental, tentu dokumen palsu tersebut selalu digunakan para oknum ini dan leluasa untuk melakukan tindak kejahatannya dengan membawa mobil tersebut.

Maka dari itu perlu waspada agar bisa Anda terapkan dalam bisnis rental mobil, terutama saat proses penyewaan berlangsung. Perhatikan dengan jelas setiap dokumen yang konsumen berikan kepada Anda, dalam kasus ini harus mempunyai pengetahuan, dan pemahaman untuk bisa membedakan dokumen asli dan dokumen palsu, sebagai syarat dan ketentuan untuk menyewa mobil tanpa sopir. Maka semua tindak kejahatan semacam ini akan segera menangani dan mengantisipasinya, penipuan tersebut menjadi kerugian yang besar dalam dunia bisnis.

7. Sesuaikan Harga Pasaran Dengan Melakukan Diskon

Strategi sukses sebuah bisni terutama rental mobil, ialah dengan menyesuaikan harga pasaran atau dengan memberikan diskon kepada calon pelanggan. Harga ini akan selalu menjadi sesuatu yang sensitif bagi konsumen, terutama masyarakat Indonesia. Dalam bisnis khususnya rental mobil Anda punya pesaing yang harus ditaklukkan, maka untuk bisa menarik banyak konsumen, tidak boleh sembarangan dalam menentukan harga. Segera melakukan riset dan survei mengenai harga pasar rental mobil, yang sedang berlaku di lingkungan tepat tinggal dan bisnis Anda. Tidak membuat harga yang mahal, karena bisa jadi nantinya akan kehilangan konsumen.

Banyak pakar bisnis menyarankan untuk para pelaku usaha bisnis rental mobil, dengan waktu terterntu dapat memberikan harga promo dan diskon. Dengan demikian dapat menarik konsumen lebih banyak lagi, agar dapat memilih rental mobil ditempat Anda dari pada rental mobil lainnya. Dengan membuat penawaran yang sangat menarik, sesuai dengan kreativitas Anda tentu menjadi daya tarik tersendiri dalam bisnis rental ini. Penawaran menarik lainnya seperti misalnya undian berhadiah, penggunaan kartu anggota yang dapat menguntungkan, ataupun juga penggunaan kupon  dengan potongan harga, bila telah menggunakan rental mobil dalam beberapa kali.

0 komentar